Unordered List

Sunday 24 January 2016

Profil SMK RADEN UMAR SAID KUDUS

Sejarah SMK RADEN UMAR SAID KUDUS

Sejarah berdirinya SMK Raden Umar Said Kudus yang lebih di kenal dengan nama SMK GRAFIKA tidak terlepas dari keberadaan Fakultas Agama Islam Undaris Kudus yang berdiri pada Tahun Akademik 1986/1987.
Perkembangan selanjutnya, berdasar Surat Edaran Menteri Agama pada tahun 1996, bahwa semua fakultas yang berada di luar wilayah kabupaten perguruan tinggi agara ditarik ke induknya. Dengan adanya edaran tersebut, mengharuskan Fakultas Agama Islam Undaris Kudus untuk direlokasi ( passing out ) ke Undaris induk di Ungaran Semarang pada tahun 1997 dan proses relokasi selesai pada tahun 2000.
Dengan selesainya proses relokasi, muncul keprihatinan dari para mantan pimpinan FAI Undaris Kudus tentang mandegnya proses pembelajaran dan visi untuk memberi pembelajaran pada masyarakat padahal inventaris berupa 2 unit gedung, bangku pembelajaran dan alat – alat lain sangat layak untuk proses pembelajaran.
Pada tahun 2004, para mantan pimpinan Fakultas Agama Islam Undaris Kudus dan Dewan Pembina melakukan uji kelayakan tentang kemungkinan mendirikan yayasan dan sekolah dan ditindaklanjuti dengan membentuk panitia pendiri yang terdiri dari H. Moersyidi M. Hasan, Drs. H. Saifuddin Bachri, M.Ag, Drs. H. Chamdziq ZU, Drs. H. Abdul Hamid, M.Pd., H. Andy Arifin, SH,Sp.N, H. Muchlis,BA. Dan H. A. Faiq, BA.

Proses berdirinya SMK

Yayasan Pendidikan Islam Raden Umar Said didirikan Berdasar Akta Notaris Nomor 14 tanggal 9 Maret 2005 dengan susunan pengurus yayasan yang terdiri dari Dewan Pembina : Drs. H. Abdul Hamid, M.Pd. (Ketua), H. Rindho Wartono, Dr. H. Masyharuddin,M.Ag.(Alm.), dan H. Moersyidi M. Hasan (masing – masing sebagai anggota). Dewan pengawas terdiri dari : Drs. H. Chamdziq ZU (ketua), H. Nooryanto dan H. Muchlis, BA. (masing – masing sebagai anggota) serta jajaran Pengurus terdiri dari Ketua Umum Drs. H. Saifuddin Bachri, M.Ag, Ketua H. Andy Arifin, SH. Sp.N, Sekretaris Umum Drs AH. Kahar Utsman, M.Pd. Sekretaris H. MT. Kamal, S.Ag, Bendahara Umum H. A. Faiq, BA, Bendahara Dra. Hj. Sayyidah dan Anggota Drs. H. A. Mifdloli. Begitupun dengan asset dan sarana yang dimiliki Fakultas Agama Islam Undaris Kudus diserahterimakan kepada Pengurus Yayasan Pendidikan Islam Raden Umar Said.
Setelah melalui uji kelayakan, Pengurus Yayasan mengirim proposal Nomor 01/YAPISUS/2004 tanggal 1 Oktober 2004 perihal pendirian SMK Raden Umar Said Bidang Grafika, Program Keahlian Persiapan Grafika dan Produksi Grafika.
Tim Dinas Pendidikan Kabupaten Kudus dengan surat nomor 421.5/1381 14.03/2005 tanggal 26 Mei 2005 yang ditujukan Kepada Ketua Yayasan Pendidikan Islam Raden Umar Said memberikan izin operasional SMK “Raden Umar Said” Bidang Keahlian Grafika dengan Program Keahlian : 1). Persiapan Grafika dan 2). Produksi Grafika mulai Tahun Pelajaran 2005 – 2006.
Bersamaan dengan keluarnya izin operasional SMK, yayasan juga melengkapoi perlengkapan administrasi yayasan dengan membuat Nomor Pokok Wajib Pajak dengan nomor 02.377.917.6-506.000.
Berdasar permohonan Notaris Lianty Achwas, SH, tanggal 1 Desember 2005 Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum menerbitkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor C-1877.HT.01.02.TH.2005 tentang Pengesahan Akta Yayasan Pendidikan Islam Raden Umar Said.
Dengan dasar keluarnya izin operasional SMK Raden Umar Said, pada bulan Maret s. d. Juni 2005 Yayasan kemudian melengkapi persyaratan diantaranya; mengangkat dan menetapkan H. Nur Afif Fanany, S.Ag. sebagai Kepala Sekolah, merekrut dewan guru dan staf tata usaha, mengadakan kurikulum, melengkapi struktur SMK, serta mengadakan persiapan penerimaan peserta didik baru tahun pelajaran 2005/2006.
Setelah melalui proses panjang dan ditandai dengan dimulainya proses pembelajaran pertama kali tanggal 17 Juli 2005, SMK Raden Umar Said Bidang Grafika dengan jumlah peserta didik 72 siswa, sempurnalah SMK Raden Umar Said Kudus berdiri dan bernaung dibawah bendera Yayasan Pendidikan Islam Raden Umar Said.
SMK Raden Umar Said Kudus adalah salah satu sekolah menengah kejuruan yang masuk dalam Kelompok Teknologi dan Rekayasa, Program Studi Keahlian Teknik Grafika, kompetensi keahlian Persiapan Grafika dan Produksi Grafika yang meluluskan siswa-siswinya yang kompeten dibidang grafika untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja bagi Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI) percetakan.Selain itu lulusannya juga memiliki kesempatan untuk berwirausaha dengan membuka usaha percetakan, sablon, advertising, layouter, jasa setting, foto copy dan penjilidan, dan lain sebagainya. SMK Raden Umar Said Kudus mulai beroperasi menerima siswa baru`pada tahun 2005 dengan membuka dua kompetensi keahlian, yaitu persiapan grafika dan produksi grafika. SMK Raden Umar Said Didirikan oleh Yayasan Pendidikan Islam Raden Umar Said Kudus pada tanggal 26 Mei 2005 dan mendapatkan ijin operasional dari Dinas Pendidikan Kabupaten Kudus No:421.5 / 1381 14.03 / 2005. Pada tanggal 07 Oktober 2008 SMK Raden Umar Said mendapatkan Ijin Pendirian dari Dinas Pendidikan Kabupaten Kudus dengan Nomor : 050 / 2766.1 / 14.03 / 2008. Alhamdulillah pada tahun 2008 juga, SMK Raden Umar dapat mengikuti Akreditasi Sekolah dan mendapatkan peringkat B berdasarkan Keputusan Rapat Badan Akrteditasi Sekolah/Madrasah Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 07 Nopember 2008

0 komentar:

Post a Comment